Minggu, 15 Januari 2017

Manfaat Zumba bagi Tubuh Kita


Kamu mungkin sudah pernah mendengar senam zumba namun jarang mengetahui informasi lebih lanjut. 

Senam yang satu ini sedang digemari banyak wanita karena gerakannya yang mantab, hentakan musik cepat dan terbukti dapat menurunkan berat badan sekaligus membentuk tubuh lebih langsing dan seksi. 

Nggak heran jika gaung zumba mulai bergema di Indonesia.

Bagi sebagian orang, zumba memang tampak sulit dan terlihat capek sekali.

Namun jika sudah mencobanya sekali, kamu pasti ingin dan ingin lagi. Berikut manfaat positif dari olahraga zumba:

Bakar Kalori
Seorang pelatih spesialis zumba bernama Kass Martin mengatakan bahwa dia memiliki seorang murid perempuan yang berhasil mengurangi berat badannya hingga 34 kg selama melakukan zumba.

Zumba merupakan olahraga dengan latihan yang sangat menyenangkan. Olahraga ini dipercaya mampu membakar kalori sebanyak 400 hingga 700 kalori per satu jam sesi untuk para wanita.

Zumba merupakan olahraga yang dapat membakar kalori karena olahraga ini bersifat tarian. Sehingga lemak-lemak yang ada pada tubuh dapat terbakar.

Untuk hasil yang maksimal, zumba dapat dilakukan sebanyak 4 hingga 5 kali dalam seminggu. Namun jika hanya untuk menjaga stamina, olahraga ini cukup dilakukan 2 sampai 3 kali seminggu.

Buat kamu yang sedang melakukan program penurunan berat badan, kamu bisa melakukan zumba. Olahraga ini sangat baik membakar kalori dan lemak dalam tubuh sehingga bisa membuat tubuh lebih langsing. 

Nggak hanya langsing, olahraga ini juga bantu mengencangkan bentuk tubuh.

Tingkatkan Metabolisme Tubuh
Zumba meningkatkan metabolismemu sehingga baik bagi yang ingin menurunkan berat badan. Ketika metabolisme ditingkatkan maka semakin menambah manfaat bagi penurunan berat dari zumba.

Sebelum memulai latihan inti, ada baiknya kamu melakukan gerakan-gerakan pemanasan untuk menghindari cedera, meningkatkan metabolisme dan untuk membiasakan otot-otot terlebih dahulu.

Misalnya jalan ditempat dengan 8 hitungan atau 1 set. Kamu bisa melakukannya setidaknya dua set kemudian lakukan juga jogging setidaknya 2 set. 

Kemudian untuk melenturkan beberapa bagian tubuh, kamu bisa melakukan gerakan lambat yang ringan dengan cara bergerak ke kiri dan ke kanan dengan menyilangkan kaki serta tangan. Lakukan setidaknya dua set.

Jika sudah merasa terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitasnya dengan mempercepat gerakan. Terakhir, kamu bisa melemaskan otot-otot di bagian paha, pinggang dan lengan dengan melakukan peregangan.

Tubuh Semakin Sehat
Zumba berasal dari kata zum-zum yang berarti gerakan cepat. Zumba awalnya berasal dari Brasil lalu berkembang pesat di Kolumbia pada 1990-an dan dipatenkan oleh Alberto Perez, creative director zumba Fitness, sebagai sebuah program kebugaran. 

Pada prinsipnya sama seperti aerobik tapi karena dikemas kembali menjadi gaya hidup yang baru yang akhirnya membuat penasaran, orang tertarik ikut zumba.

Menurut dokter olahraga Faidon, zumba prinsipnya seperti olahraga aerobik. Menjadi alternatif dan menyenangkan karena masyarakat selalu membutuhkan olahraga yang dikemas sebagai tren dan gaya hidup. Pilihannya berzumba karena manfaatnya banyak. Faidon menyebutkan Jordin Sparks, penyanyi lulusan American Idol yang keranjingan zumba yang dalam tiga bulan berhasil menurunkan berat badannya hingga 13 kilogram. Dulu ukuran bajunya 14 kini memakai nomor 8.

Dengan melakukan rutinitas yang baik untuk tubuh, kamu akan merasa lebih sehat dari sebelumnya. Sebab pertukaran darah kotor dalam tubuh segera cepat tergantikan dengan darah bersih. Sehingga sel sel juga lebih sehat.

Jaga Kesehatan Jantung
Zumba merupakan senam yang melibatkan latihan kardiovaskular cukup lengkap. Untuk itu, dipercaya senam ini bisa menyehatkan jantung. 

Rutin melakukan senam zumba menjamin jantung kamu selalu sehat, terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya dan mematikan.

Zumba merupakan olahraga yang sangat efektif memacu detak jantung lebih cepat sehingga membuat peredaran darah semakin lancar dan tentu saja hal ini dapat menekan risiko penyakit jantung. 

Selain itu tarian zumba juga efektif membakar kalori dan memangkas lemak. Zumba ini sanggup membakar kalori mencapai 800-1.000 kalori perjam dan setiap bulan dapat menurunkan berat badan sekitar 3 kg.

Otot Lebih Kencang
Manfaat selanjutnya dari zumba adalah menguatkan otot. Kamu bisa memiliki otot yang kuat, sehat dan terjaga ketika mau melakukan olahraga zumba secara teratur.

Otot tubuh yang bisa semakin kuat antara lain adalah otot kaki, otot tangan, otot perut, otot punggung, otot leher dan otot pinggang juga otot dada.

Selama melakukan gerakan zumba, kamu akan menggerakkan lebih banyak otot. Saat bergerak, ada banyak gabungan gerakan kebugaran tradisional seperti squat dan lunge ke dalam gerakan senam zumba. 

Sehingga latihan yang biasanya membosankan jadi lebih menyenangkan. Gerakan inilah yang akan membuat otot-otot tubuh lebih kencang.

Reda Stres
Nggak jauh manfaatnya sebagai obat anti stress, tarian ini mengembalikan mood kamu karena dapat membuatmu melupakan masalah untuk sementara waktu. Di sisi lain tarian ini nggak membosankan.

Kamu akan lebih fokus bergoyang, badan akan lebih berkeringat dan waktu 1 jam pun nggak akan terasa lelah.

Kass Martin mengatakan bahwa saat ayahnya didiagnosa menderita kanker, dia bisa melepas pikiran-pikiran buruknya selama melakukan zumba. 

Kamu juga bisa merasakan hal yang sama karena gerakan yang aktif akan menurunkan kadar hormon stres.

Jauh dari Depresi
Setiap orang pasti pernah merasa stres atau depresi. Pekerjaan yang terlalu banyak, masalah keuangan yang menipis, masalah keluarga atau percintaan yang hancur menjadi pemicu stres paling umum terjadi. 

Stres yang terus menerus dirasakan tanpa diatasi dengan baik ini bisa menyebabkan berbagai risiko penyakit berbahaya. Untuk itu, stres sangat perlu diatasi dengan cepat. Caranya adalah dengan rutin senam zumba.

Kass Matin mengatakan bahwa banyak penelitian membuktikan bahwa semakin banyak kalori yang dibakar, seseorang bisa lebih bahagia. 

Saat tubuh bergerak sambil mendengar hentakan musik cepat yang gembira, tubuh akan melepas hormon yang bisa membuat kamu lebih bahagia. Kamu akan mendapatkan tubuh segar dan pikiran yang lebih tenang setelah melakukan zumba.

Jaga Hipertensi
Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah penyakit yang berbahaya. Selain perlu konsumsi makanan penurun tekanan darah, hipertensi bisa diatasi dengan olahraga zumba. 

Karena sifatnya yang bisa mengatasi stres atau depresi, tentunya ini bisa mengatasi masalah hipertensi dengan baik.

Menurut banyak penelitian studi, zumba dikenal untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Salah satu penyebab hipertensi adalah pola makan yang salah sehingga menyumbat saluran darah. 

Dengan berolahraga zumba, aluran darah menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat sehat ketika mau melakukan zumba secara rutin. Nggak melulu hanya untuk wanita, pria pun perlu mencoba latihan sehat ini.

0 komentar:

Posting Komentar